Minggu, 22 Maret 2015

Sukuh - Cetho Daya magismu yang Mengundangku

Alasannya apa ya kalau ditanya kenapa pengin mengkalibrasi Candi Sukuh dan Cetho ?
Saya nggak punya alasan yang lebih ilmiah kenapa saya pengin ke sana, selain saya merasa saya sangat dekat garis lahir saya. Bukan apa-apa saya punya alasan yang sangat pribadi ini selain ingin menyambung mising link akan cerita keluarga besar Tjitro Admadja. Sebagai seorang cucu saya merasa  mampu untuk menjelaskan ini semua. Kenapa suwargi mbah buyut kakung makamnya di sembunyikan, dan sampai hari ini hanya naluri saya yang menuntunnya bahwa saya sudah dekat dengan lokasi makam itu. Iyach, makam tanpa nama, tanpa tanda dan  ini semua karena almarhum adalah orang yang dicari oleh Belanda waktu itu. Suatu kehormatan bahwa meski sudah "sumare" jazad tidak boleh di sia-siakan, apalagi oleh bangsa asing.